Minggu, 06 September 2015

Tanaman Toga

DIVISI KESEHATAN LINGKUNGAN
____________________________________________________________





Tanaman obat keluarga (TOGA) pada dasarnya adalah tanaman yang ditanam di halaman rumah, kebun ataupun sebidang tanah atau ditanam didalam pot yang dimanfaatkan sebagai budidaya tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan. Tanaman obat keluarga juga berfungsi sebagai pemanfaatan lingkungan di sekitar rumah dan kebun. Di era sekarang semakin banyak keluarga yang sadar betul apa manfaat dari tanaman obat itu sendiri.

Pengenalan Tentang Tanaman Toga di Desa Keboananom, di desa keboananom tanaman toga sebenarnya bukan hal baru atau asing karena desa keboananom sudah memiliki sebidang tanah yang di tanami tanaman-tanaman obat. Tanaman Toga di desa ini dibuat oleh mahasiswa KKN-Posdaya 2014 Univeristas Muhammadiyah Sidoarjo, justru ketika kami berada di tanaman toga warga masyarakatlah yang menjelaskan tentang tanaman toga, dari keadaannya yang sedikit tidak terawat, dan menjelaskan beberapa jenis tanaman karena papan nama tanaman toga sudah rusak dan hilang.

Pengenalan Tanaman Toga kepada masyarakat kami lakukan dengan membuat papan tulisan kepada tiap-tiap tanaman baik yang lama dan koleksi tanaman yang baru. Memberikan sosialisasi langsung tentang jenis-jenis tanaman beserta manfaatnya dan memberikan buku cara pengelolaan tanaman toga.

                      1. Khasiat Belimbing Wulu
                      2. Khasiat Lidah Buaya
                      3. Buku Khasiat dan Pengolahan Tanaman Toga






 
______________________________________________________________________________________________________________________






Tanaman Toga merupakan Program Kerja divisi kesehatan dan Lingkungan yang hampir setiap hari menjadi fokus kegiatan tiap anggota divisi, kegiatan pertama yang dilakukan adalah dengan membersihkan lahan tanaman toga, kami menggunakan lahan tanaman toga yang lama berkat masukan dari warga masyarakat. Karna lahan tanman toga yang lama mulai tidak terawat, di bantu warga kami membersihkan tanaman toga karna banyak rumput dan tanman liar yang tumbuh dan beberapa tanaman yang mati kami hilangkan, dan mencabut beberapa tanaman yang lama atas saran warga. Selanjutnya kami bertahap mencari koleksi baru untuk tanaman toga, dan kemudian bersama warga gambiranom dan mahasiswa kkn menanam tanaman toga yang baru yang kami dapatkan dari membeli, mendapatkan tanaman dari warga dan sumbangan dari teman-teman kkn.

Selanjutnya dalam perawatannya setiap hari kami menyiram tanaman toga bareng-bareng agar menjadi perhatian warga dan warga juga ikut tergerak, kegiatan ini kami lakukan setiap pagi dan sore sebagai serana sosialisasi juga. Papan tulisan tanaman juga kami perbarui agar warga masyarakat jelas dan selanjutnya kamu mengadakan pengenalan dan pemberian buku tentang manfaat da cara pengolahan tanman toga.








-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Koordinasi Desa
Agung Supriyanto
Public Relation
Achmad Nurul Fuad
+6281233736911
KKN Terpadu U.M.S.I.D.A 2015
Desa Keboan Anom
P: +6281233736911
Instagram: @kknkeboananom




Tidak ada komentar:

Posting Komentar