Minggu, 06 September 2015

Pos Gizi

DIVISI KESEHATAN LINGKUNGAN
_____________________________________


POS GIZI

6 September 2015





Divisi Kesehatan Lingkungan, tetap konsisten dalam melakukan kegiatan implementasi program kerja penyuluhan tentang kesehatan dan pelaksanaan pusat pelayanan kesehatan.  Pada tanggal 20 Agustus 2015, Divisi Kesehatan Lingkungan telah mengadakan kegiatan peningkatan gizi anak di balai desa Keboananom Gedangan Sidoarjo dengan membuka Kegiatan Pos Gizi yang berlangsung selama 2 hari. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Divisi Kesehatan Lingkungan dengan kader Posyandu desa Keboananom.


Dari hari pertama kegiatan Pos Gizi, hampir sebagian besar balita pos gizi mengalami perkembangan. Sebagian balita mengalami peningkatan asupan makanan, walaupun ada juga yang tidak membaik nafsu makannya. Setelah 2 hari sesi pos gizi berlangsung, 7 balita peserta pos gizi yang sebelumnya mengalami gizi kurang  mengalami peningkatan berat badan dan hanya satu balita yang berat badannya tetap.



Pekembangan balita perserta pos gizi tidak hanya peningkatan berat badan, mereka juga mengalami perkembangan perilaku social. Beberapa anak yang pada hari pertama dan hari kedua kegiatan masih malu-malu dan takut bermain bersama teman sebayanya. Namun setelah beberapa hari, mereka sudah mulai bermain dengan lincah dan bersosialisasi dengan teman-temannya.



Kader dan peserta pos gizi merasa banyak mendapat manfaat dari kegiatan ini. Mereka sangat bersyukur karena dengan mengikuti kegiatan ini  mereka mendapat banyak pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan gizi anak. Selain itu juga dilatih cara memanfaatkan pekarangan rumah menjadi kebun gizi. Sehingga dengan kegiatan ini, keluarga  sasaran dapat mengetahui cara mengelola bahan-bahan yang tersedia dengan mudah, seperti sayur-sayuran yang ditanam di pekarangan rumah.



Kegiatan pos gizi telah mendukung dan membantu mengatasi masalah kurang gizi pada balita. Tantangan yang dirasakan oleh para kader adalah mencari solusi ketersediaan lauk khususnya tahu dan tempe. Mereka berharap dapat difasilitasi untuk mendapatkan pelatihan cara pembuatan tempe dan tahu.








----------------------------------------------------///----------------------------------------------
Koordinasi Desa
Agung Supriyanto

Public Relation
Achmad Nurul Fuad
+6281233736911
KKN Terpadu U.M.S.I.D.A 2015
Desa Keboan Anom
P: +6281233736911
Instagram: @kknkeboananom






Tidak ada komentar:

Posting Komentar